30.5.11

Boh Giri Lhok Nibong ( Jeruk Bali )

Penjual jeruk Bali (Boh Giri) di Lhok Nibong Aceh Timur.
Photograph by: Novrizal
Disepanjang jalan pantai tumur Banda Aceh menuju medan pada km 280 akan kita jumpai penjual Boh Giri (jeruk Bali) yang menjajakan dipinggiran jalan tersebut. sedikit terpisah dari Lhok Nibong kami mampir untuk membeli Boh Giri sebagai makanan diperjalanan
( kata beberapa orang bagus untuk menambah asupan vitamin C, khususnya jika sedang dalam perjalanan).
harga satuannya sangat tergantung dari besar kecilnya ukuran yang kita inginkan , untuk ukuran kecil biasanya berharga Rp 5000 sampai Rp 10.000 dan biasanya mereka menjual perbuah, bukan dalam berat buah perkilogram seperti penjual Semangka.
disepanjang jalan Banda Aceh Medan setahu saya ada 3 lokasi yang terkenal dengan Jeruk Bali, yaitu Samahani ( Aceh Besar), matang (Biruen) dan Lhok Nibong (Aceh Timur). secara rasa , saya lebih menyukai rasa jeruk Bali yang pernah saya makan di Samahani, walaupun secara umum jeruk Bali mempunyai rasa segar manis dan ada sedikit pahit khususnya jika kurang masak dimakan.
tetapi secara massal Jeruk Bali yang banyak diperjual belikan adalah yang berlokasi di Lhok Nibong. Di Aceh Besar mereka menjual Boh Giri dengan menimbang berat sehingga konsumen lebih mudah melakukan penawaran dan membeli menurut besaran yang diinginkan ataupun menurut ketersediaan uang di kantong.
Untuk sedikit buah tangan ataupun makanan buah di dalam kendaraan Boh Giri sangat baik sebagai penambah tenaga juga untuk menghilangkan lelah setelah melakukan perjalanan ataupun dalam perjalanan. Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ukuran 460 x 122 pixel Komunitas Blogger Aceh