21.3.11

Places of Interest Banda Aceh

dartar objek wisata peninggalan masa konflik, terletak di Pelabuhan Malahayati Krueng Raya
sebelum Tsunami pelabuhan Malahayati merupakan pelabuhan Transit bagi kapal ferry bagi  wisatawan dan masyarakat yang ingin menyeberang dari daratan Aceh Besar menuju Pulau sabang, weh island.

Objek dan Daya tarik Wisata
Sebuah pamflet sebelum Tsunami menerjang Banda Aceh. daftar objek dan daya tarik wisata kota Banda Aceh, walaupun saat ini ada beberapa tambahan daya tarik yang baru saya akan membahas 10 daya tarik
sebelum Tsunami.
1. mesjid Raya Baiturrahman
Terletak di pusat kota Banda Aceh, mesjid kebanggaan Masyarakat Aceh
2. Musium Negeri Aceh
Terletak di pusat kota Banda Aceh kurang lebih 500 meter dari Mesjid Raya Baiturrahman
3. Gunongan
Terletak di Jalan Teuku Umar terletak kurang lebih 1 km dari Mesjid Raya Banda Aceh
4. Kherkhof
Pintu gerbang Kherkhof terletak di samping Musium Tsunami dan juga jika dari samping berhadapan langsung dengan Gunongan. kurang lebih 1 km dari mesjid Raya Banda Aceh.
5. Padang Golf Seulawah
Terletak kurang lebih 13 km arah Lhoknga dari Mesjid Raya Banda Aceh, telah kancur terkena Tsunami pada 26 Desember 2004. Saat ini telah difungsikan kembali 9 hole tetapi dengan fasilitas yang sangat sederhana.
6. kawasan Rekreasi Lhoknga dan Lampuuk
Kawasan Pantai Lhoknga kurang lebih 15 kilometer membentang sepanjang 3 kilometer dengan pantai berpasir putih, saat Tsunami menerjang pantai ini hancur dan saat ini telah bangkit kemballi , bagus untuk memancing (pulau kapuk) dan surfing di pantai lhoknga (depan PT Semen Andalas Indonesia (PT SAI). Untuk pantai Lampuuk berjarak kurang lebih 15 kilometer dari mesjid Raya Baiturrahman , seperti halnya pantai lhoknga yang hancur oleh Tsunami saat ini pantai Lampuuk telah ramai kembali dengan hidangan khas Ikan Bakar, bagus untuk mandi serta surfing (tergantung waktu yang tepat) dan tersedia permainan air seperti Banana Boat, juga menarik bagi yang hobi memancing.
7. taman Tepi Laut
berjarak 17 km dari mesjid Raya Baiturrahman, tamam tepi laut (TTL) sebelum Tsunami menerjang sangat menarik bagi rekreasi keluarga, walaupun saat ini telah dibuka kembali tetapi kurang pengunjungnya karena tidak tersedianya fasilitas memadai, hanya bagi yang ingin bernostalgia atau menikmati keindahan pantai angin segar.
8. Tempat rekreasi Ujong Batee
Berjarak kurang lebih 13 km dari Mesjid Raya Baiturrahman, walaupun terkena Tsunami tetapi pantai disini dan keadaan alamnya tidak berubah, masih khas dengan pohon cemara, pantai disini berpasir hitam, bagus untuk rekreasi keluarga
9. Pelabuhan Ulee Lheu
berjarak kurang lebih 7 km dari Mesjid Raya Baiturrahman, pelabuhan ini adalah daratan yang dahulu sempat putus pada saat Tsunami menerjang, tetapi telah dilakukan penyambungan kembali dan dibangun fasilitas pelabuhan kembali dari kota Banda Aceh menuju pulau lainnya seperti Sabang dan Pulau Aceh. saat ini Pelabuhan Ulee Lheu juga jadi pusat rekreasi bagi keluarga dan masyarakat untuk di pagi dan sore hari, bagi para pemancing pantai dan pelabuhan ulee Lheu sangat diminati karena dekat dari pusat kota.
10. Sabang Pulau Weh
berjarak 45 menit dengan ferry cepat dari pelabuhan ulee lheu dan 1 jam 30 menit naik ferry pengangkut kendaraan langsung menuju pelabuhan Balohan Sabang. di pulau weh banyak objek wisata yang menarik dari mulai diving, surving, hiking dan lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ukuran 460 x 122 pixel Komunitas Blogger Aceh