1.3.11

keneukai

MV. Keuneukai, berlabuh jangkar di Pelabuhan Malahayati
Krueng Raya Aceh Besar, Aceh - Indonesia
Keneukai, sebuah nama yang diambil dari bahasa Aceh, saya juga sebagai orang Aceh tidak tahu artinya, dicari di Google juga tidak dapat, setelah bertanya yang lebih senior ada yang menjawab nama sebuah kampung di Aceh Timur, dan juga ada yang mengartikan Kai itu sebagai ukur dan bisa juga diartikan alat ukur, tetapi juga informasi terakhir menyebutkan Keneukai sebuah pulau di Sabang.
Mungkin oleh sebab itu kapal pada fot dinamakan Keneukai, Sabang. sebuah kapal yang berlayar di ujung pulau sumatera, Aceh mengangkut bermacam komoditas. Aceh yang kaya akan hasil bumi
dimasa lalu sangat membutuhkan banyak kapal seperti Keneukai yang dimanajemen dengan baik agar ekonomi rakyat Aceh dapat semakin maju khususnya dari hasil pertanian dan perkebunan. Aceh yang dimasa lalu terkenal dengan komoditas cengkeh, lada, Pala dan saat ini komoditas kopi, kakao, karet , sawit,  Nilam dan banyak hasil bumi menanti pembeli negara lain sebagai pasar international yang dapat membayar dengan harga dunia. tidak semua yang dieksport tersebut menguntungkan, beberapa komoditas saat ini seperti Beras berharga sangat tinggi dipasaran lokal dan Nasional, walaupun harga pada tingkat petani tetap rendah. semoga dimasa depan banyak Keneukai - keneukai yang hadir dan singgah di pelabuhan Aceh dengan misi memperbaiki ekonomi rakyat Aceh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ukuran 460 x 122 pixel Komunitas Blogger Aceh