25.8.11

Sie Reboh

sie reboh ( daging rebus)

Satu lagi masakan khas Aceh yang sangat terkenal khususnya di Aceh Besar. Sie Reboh ( daging rebus) ini sangat nikmat yang mempunyai sejarah panjang, dimulai sejak dahulu kala dimana pada saat tersebut masyarakat belum mempunyai kulkas ( freezer) untuk menyimpan daging sehingga masyarakat mengolah daging dengan cara merebus didalam kuali tanah dan dengan bumbu yang sangat spesial.
beberapa bumbu dasar adalah buah menteu ( seperti lemon yang besar), lalu cuka belanda ( untuk mendapatkan rasa asam) dan pastinya rempah rempah seperti merica dan lainnya.
secara umum sie reboh dapat bertahan sampai 3 bulan lamanya dan pada saat direbus dalam kuali tanah agar dimasukkan campuran daging dan gapah (lemak) yang berfungsi sebagai minyak pada saat sie reboh tersebut dipanaskan agar tidak basi.
jika menyempatkan berjalan di Banda Aceh, bisa untuk mencari masakan sie reboh yang sayangnya tidak banyak dijual, sedikit rekomendasi dapat mencari pada rumah makan khas Aceh Besar.
selamat mencoba

1 komentar:

  1. Bisa tahan sampai 3 bulan sob? kayaknya kita masih perlu belajar bagaimana cara mengawetkan makanan dari orang-orang dulu. Nice info gan, keep on update.

    BalasHapus

Ukuran 460 x 122 pixel Komunitas Blogger Aceh