1.8.11

Meugang, tradisi menyambut bulan Ramadhan

 Meugang, tradisi menjelang bulan Ramadhan.
lokasi : Pasar keutapang
Photograph by: Novrizal












Aceh, Serambi Mekkah mempunyai tradisi  menyambut bulan suci Ramadhan, dimana disebut dengan nama Meugang ( hari dimana setiap rumah masyarakat Muslim di Aceh menyediakan macam masakan dirumah dan yang khusus pada saat tersebut adalah yang berbahan dasar daging).


Tradisi meugang ini dilakukan 1 - 2 hari menjelang pelaksanaan hari pertama Ramadhan dimana para keluarga ( Ibu dan Bapak) akan berbelanja untuk membeli bahan dan bumbu masakan untuk dimasak dan dimakan bersama sebelum bulan ramadhan dan juga beberapa masakan khas Aceh yang dapat disimpan sampai masuk bulan ramadhan untuk dimakan pada saat sahur dan berbuka. (sahur adalah waktu dimana umat muslim makan dan minum sebelum masuk waktu Imsak dimana waktunya untuk berhenti dan menunggu pelaksanaan shalat shubuh).
kembali pada tradisi Meugang, ini juga salah satu yang menyebabkan harga daging di Aceh mahal disebabkan permintaan tinggi pada waktu-waktu tertentu dimana pada saat tersebut juga akan terjadi permintaan tinggi pasokan akan sapi serta mayoritas rakyat Aceh dimana juga mempunyai beberapa macam masakan khas Aceh yang sangat memerlukan daging dari sapi yang diternakkan dengan cara alam (pemberian pakan alan bukan buatan dan lebih baik jika daging tersebut dari sapi yang tidak dikandangkan).
Harga daging pada meugang tahun ini 2011 berkisar antara Rp 90.000 - Rp  120.000 untuk daging kelas 1 ($10 - $ 12 / kg grade 1), sedangkan mayoritas daging yang dijual di Banda Aceh dan pantai timur Aceh adalah daging sapi, sedangkan pantai barat selatan masyarakat dominan juga mengkonsumsi Kerbau sama dengan masyarakat di Aceh tengah, Gayo Lues dan Aceh Tenggara.
Secara budaya acara Meugang melambangkan penghormatan serta acara berkumpul bagi keluarga serta saat untuk bersama menikmati masakan khas daerah Aceh dimana maskan yang disajikan bisanya adalah Sie Reboh, asam keung dan lain sebagainya.
semoga budaya Meugang menjadikan masyarakat Aceh makin bersatu dalam damai. Amin...


penjual daging sedang memotong daging bagi pelanggan di pasar
Keutapang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ukuran 460 x 122 pixel Komunitas Blogger Aceh