16.6.11

Rakit Kuala Unga

Rakit Penyeberangan Pantai Barat
Walaupun setelah 6,5 tahun, jalan pantai barat aceh masih sama seperti masa jaman tahun 1980-an. jika dari Banda Aceh menuju Calang (pantai Barat) maka kiota akan melewati beberapa tempat penyeberangan yang masih menggunakan rakit. yang pertama yang sangat terkenal
adalah sungai Lambeusoe, dan yang kedua adalah Kuala Unga dan ada yang ketiga (saya lupa namanya). untuk penyeberangan kuala Unga sedikit lebih panjang daripada Krueng (sungai) Lambeusoe. untuk melewati kuala unga hanya dapat menampung satu kendaraan roda 4 dan beberapa kendaraan roda 2. sekali lewat untuk kendaraan roda 4 diambil bayaran Rp 15,000 dan sepeda motor Rp 5,000.
Pelabuhan kuala Unga.
Photograph by: Novrizal

sedikit menegangkan melewati penyeberangan ini apalagi bagi yang pertama sekali, dan mungkin tidak lama lagi akan menjadi kenangan dan sejarah bagaimana perjalanan panjang rehab dan rekonstruksi paska tsunami di Aceh khususnnya transportasi di pantai Barat.

1 komentar:

  1. Mudah-mudahan Aceh cepat maju mas, kan sekarang banyak banget bantuan rehabilitasi dan konstruksi Aceh pasca tsunami.

    BalasHapus

Ukuran 460 x 122 pixel Komunitas Blogger Aceh