30.5.11

Ranub Mameh

Ranub Mameh atau Sirih Manis Sigli simpang galon
Photograph by : Novrizal
Ini dia ranup yang mantap, apalagi setelah pulang dari perjalanan jauh selain untuk orang yang perokok ataupun yang merokok juga sirih ini sebagai penguat gigi dan yang paling mantap buat pria (katanya) menambah vitalitas...he...he, kalau gak percaya coba aja.

Sirih manis (ranub mameh) mempunyai perbedaan dengan sirih biasa (tanpa rasa manis) dimana untuk  ranub mameh daun sirihnya masih muda, sedangkan isis dalam sama yaitu pinang dan ditambah manis dari gula merah tanpa ditaruh kapur. sebagai budaya dan adat sirih (Ranub) melambangkan Peumulia Jamee (memuliakan Tamu) dimana jika kita bertamu kerumah masyarakat Aceh biasanya sambil menunggu minuman dan makanan dihidangkan maka tuan rumah menjamu para tamu dengan Sirih sambil melakukan pembicaraan.
Saat ini  sirih tersebut banyak tersedia dijual oleh pedagang kecil karena sebagian besar masyarakat tidak menyediakan lagi sirih ( saat ini diganti dengan minuman ringan dan kue kecil), yang dijual biasanya sirih biasa dan sirih manis ataupu keduanya.
bagi yang belum biasa memakan sirih biasanya tidak akan menyukainya karena rasa getir dari pinang, tetapi seperti minum obat ... walaupun rasanya sedikit gak enak saya rasa jika mengambil manfaatnya konsumsi aja asal jangan berlebihan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ukuran 460 x 122 pixel Komunitas Blogger Aceh