4.4.11

Wisata Malam, Lokomotif Tua

wisata malam, lokomotif tua peninggalan jaman Belanda. lokasi
foto: taman Barata - Banda Aceh , Jan 2011
Photograph by : Novrizal
sangat ironi, dimana transportasi umum yang dulu pernah jaya di Aceh era 1930-an telah hilang di saat ini. dahulu kala, di kota banda Aceh sendiri (koeta Radja sebutan di jaman Belanda 1974 - 1945) tersedia berbagai sarana transportasi umum, dari tram
yang berada di pusat kota Koeta Radja sampai kereta api yang menghubungkan setiap daerah kabupaten di Aceh dari Banda Aceh sampai Sumatera Utara.
di Banda Aceh sendiri untuk angkutan dalam kota pada saat tersebut tersedia Sado yang akhirnya hilang/ digantikan oleh Becak motor di tahun 1960 -an. angkutan umum antar daerah di tahun 1950-an digantikan dari kereta api mulai masuk mobil ( di tahun tersebut bermerk Chevrolet) yang melayani angtar kabupaten, dan yang lucunya adalah semua rel kereta api yang menghubungkan Aceh dengan sumatera Utara akhirnya menghilang ( di tahun 1970-an) sehingga saat ini semua yang terlahir di atas 1970-an hanya dapat mendengar cerita sejarah kereta api dan melihat onggokan tua kepala lokomotif yang terpajang di sebelah kiri depan Mesjid Raya Baiturrahman.

sebuah stasiun Kereta api di Indrapuri, 23 km dari Koeta Radja / Banda Aceh.
tampak di latar sebelah kiri belakang bangunan Mesjid Indrapuri.
Photo tahun 1900 - an , sumber : koleksi Tropen Museum Belanda

sebuah stasiun Kereta api di Koetaradja/Banda Aceh, letaknya saat tersebut tepat di depan Mesjid Raya Baiturrahman ( di foto tidak tampak) .
saat ini jika kita berdiri di tempat yang sama sekarang sudah menjadi taman kota dan posisi
fotographernya adalah di depan toko Mitra saat ini (2011).
Photo tahun 1900 - an , sumber : koleksi Tropen Museum Belanda tahun foto 1930-an

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ukuran 460 x 122 pixel Komunitas Blogger Aceh