1.4.11

Suasana di dalam Mesjid Raya Baiturrahman

Ornamen dalam Mesjid Raya Baiturrahman Banda Aceh
Foto: Novrizal
di hari Jumat ini saya ingin menyajikan sebuah foto ornamen dalam Mesjid Raya, foto diatas di ambil setelah selesai melaksanakan Shalat Magrib pada shaf depan Pria. Mesjid Raya Baiturrahman merupakan mesjid yang penuh dengan sejarah perjuangan Rakyat Aceh.
Ornamen yang ditampilkan difoto diatas adalah tambahan Mesjid Raya pada saat pelebaran perluasan mesjid Raya. Saat ini Mesjid Raya masih merupakan pusat daripada kota Banda Aceh.
Masjid Raya Baiturrahman adalah Masjid kebanggaan rakyat Aceh sejak mulai difungsikannya sejak dibangun  oleh Sultan Iskandar Muda pada tahun  1612 M. Riwayat lain menyebutkan bahwa yang mendirikan Masjid Raya Baiturrahman di Zaman kerajaan Aceh ialah Sultan Alidin Mahmudsyah pada tahun 1292 M. dimana sejak zaman Belanda berfungsi sebagai benteng pertahanan umat Islam Aceh. Pada tahun 1991-1993 Masjid Raya Baiturrahman melaksanakan perluasan kembali yang disponsori oleh gubernur Dr.Ibrahim Hasan, yang meliputi halaman depan dan belakang serta masjidnya itu sendiri. Bagian masjid yang diperluas, meliputi bagian lantai masjid tempat shalat, ruang perpustakaan, ruang tamu, ruang perkantoran, aula dan ruang tempat wudhuk, dan 6 lokal sekolah. Sedangkan. perluasan halaman meliputi, taman dan tempat parkir serta satu buah menara utama dan dua buah minaret. 

Sehingga luas ruangan dalam Masjid menjadi 4.760 M2 berlantai marmer buatan Italia, jenis secara dengan ukuran 60 x 120 cm dan dapat menampug 9.000 jama’ah. Dengan perluasan tersebut, Masjid Raya Baiturrahman sekarang memiliki 7 kubah, 4 menara, dan 1 menara induk. Dari masa kemasa Masjid Raya Baiturrahman telah berkembang pesat baik ditinjau dari segi arsitektur, peribadatan maupun kegiatan kemasyarakatan sesuai dengan perkembangan, luas area Masjid Raya Baiturrahman ± 4 Ha, didalamnya terdapat sebuah kolam, menara induk dan bagian halaman lainya ditumbuhi rumput yang ditata dengan rapi dan indah diselingi tanaman/pohon hias. 

Tampilan foto Mesjid Raya di Sore hari :

Mesjid Raya Baiturrahman, foto diambil dari samping kiri dari depan lokasi Hotel Aceh.
Foto by: Novrizal
Shaf Perempuan di bagian belakang, tampak perbedaan warna Marmer,
Marmer yang lebih muda adalah posisi terdepan pada saat Mesjid Raya belum diperluas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ukuran 460 x 122 pixel Komunitas Blogger Aceh