25.3.11

Oleh oleh dari pesisir pantai barat

segala macam oleh-oleh dari gurita asin, ikan asin, sampai ikan teri dijajakan
sepanjang jalan pantai barat khususnya ditempat penampungan ikan, seperti yang terlihat pada
gambar penjual sedang menjajakan ikan asin di Lhokseudu kecamatan Leupung

Semua yang telah melakukan perjalanan darat menyusuri pantai barat Aceh akan banyak menjumpai beberapa titik tempat penjualan aneka oleh - oleh ikan asin, ikan teri dan linnya. dahulu di tahun 1990-an Patek yang berada di Aceh jaya ( saat ini ) merupakan sentra penjualan ikan asin dan hasil laut yang telah dikeringkan, saat ini ada beberapa tempat tambahan yang mulai bangkit setelah tsunami
menghantam pantai barat Aceh. seperti foto di atas yang diambil pada saat berjalan bersama keluarga para penjual menjajakan hasil pengolahan ikan asin dan hasil lautnya di kecamatan Leupung tepatnya Lam sayun , walaupun di titik lokasi Lhokseudu juga terdapat beberapa penjual olahan laut.
Harga yang ditawarkan bervariasi dari kulitas baik dengan harga tinggi sampai kualitas biasa dengan harga yang terjangkau.
Harga gurita yang telah dikeringkan dan diasinkan satu ekor seharga Rp 60,000 - 70,000 , teri nasi ( spesial = Rp 160,000 - Rp 200,000) teri Meulaboh Rp 40,000 -60,000 dan ikan asin menurut besar ukuran dan jenis ikannya. ikan asin yang diminati dan mahal adalah ikan karang yang telah diasinkan seperti kakap dan geurapu.
Bagi yang mempunyai tamu dan akan membawa oleh - oleh dari Aceh dapat diajak berkeliling sambil penikmati suasana pesisir pantai sekalian membeli buah tangan untuk keluarga dan kerabat.
Selamat berbelanja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ukuran 460 x 122 pixel Komunitas Blogger Aceh