28.2.11

Ikan Kayu (Gulai)

Kuliner Aceh
Gulai ikan kayu ( eungkot kayee)
Photograph by: Novrizal
Jika berkunjung ke Banda Aceh jangan lupa untuk singgah di rumah makan dan merasakan sensasi ikan kayu, kuliner yang satu ini merupakan kuliner khas Aceh. ikan kayu diolah dari ikan tongkol yang dikeringkan dan mendapat perlakuan khusus. ikan kayu ini dapat bertahan lama, ciri khas makanan Aceh yang dapat bertahan lama
(sebelum diolah, seperti pliek U), ikan kayu biasanya diolah seperti memasak gulai Aceh dengan bahan baku tongkol tetap menggunakan bumbu khas Aceh dan yang terpenting asam sunti yaitu belimbing sayur yang telah dikeringkan sebagai bumbu utama.
Saat ini menu ikan kayu sudah bnayak terdapat di restoran dan rumah makan serta sering dihidangkan pada acara resmi seperti rapat resmi dan juga acara jamuan makan khusus serta pesta perkawinan.
bahan baku ikan kayu mentah sebelum dimasak berharga Rp 60,000 / kg , berwarna putih. untuk mengolahnya sebelum dimasak ikan kayu tersebut diiris kecil atau besar menurut selera dan direndam di dalam air untuk melembutkan, lama waktu perendaman 15 menit - 1 jam tergantung keinginan kita ingin lembut atau sedikit keras. saya sendiri menyukai ikan kayu yang hancur, karena bumbunya lebih meresap.
selamat mencoba ikan kayu dan rasakan sensainya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ukuran 460 x 122 pixel Komunitas Blogger Aceh