11.1.11

Wisata Pantai Lampuuk

Pantai Lampuuk
Kawasan Wisata pantai Lampuuk mulai terkenal di tahun 1990-an. pantai wisata lampuuk di awal tahun 1990-an masih merupakan pantai alami dengan pasir putih yang membentang dan teluk indah dengan pasir putih serta pantai dengan karang dan biota lautnya.
Saat ini pengunjung pantai Lampuuk dapat menikmati keindahan alam dengan mandi dan berenang dipantai, bermain pasir putih, lari dan jalan santai di sepanjang hamparan pantai dan di tahun 2011 sudah tersedia 4 buah banana boat untuk rekreasi keluarga. bermain sambil berwisata bersama keluarga merupakan cara menghabiskan waktu yang berguna untuk mendekatkan antar sesama keluarga.
ikan bakar
jika tidak ingin repot dapat memesan menu makanan ikan bakar mulai dari ikan rambeu, gerapu, bawal dan lainnya. harga menurut ukuran rata-rata 40,000 - 100,000 menurut besar kecilnya ikan.
juga yang pasti jiga haus tersedia air kelapa muda, aneka makanan ringan dan mie. yang disayangkan rata-rata menjual mie instant bukan mie kuning.
untuk yang ingin merasakan banana boat hanya perlu membayar per orang Rp 25,000 dan minimal 4 - 6 orang sekali jalan . biasanya berputar sampai 3 kali putaran jauh dan dijatuhkan 2 - 3 kali. kalau tidak jatuh bukan banana boat namanya....
Jarak pantai lampuuk sekitar 18 km dari pusat kota Banda Aceh menuju barat (arah jalan Meulaboh) perjalanan 20 - 45 menit. ada jalan alternatif kelampuuk yaitu memotong lewat gampong Lamlhom di daerah Tanjong sekitar 8 Km dari kota Banda Aceh diutamakan untuk yang sudah mengenal jalan dan ingin mendapatkan pemandangan berbeda.
untuk masuk tempat wisata ini biasanya bertrif sepeda motor Rp 5,000 dan mobil penumpang pribadi Rp 20,000 plus khusus mobil ada tambahan parkir Rp 2,000.
di lampuuk saat ini sudah ada jalur lainnya ke pantai dan masyarakat setempat menyebutnya babah dua, babah tiga dan babah empat. babah (mulut) disebutkan untuk kuala tempat bertemunya air tawar atau sungai dengan air asin. dulu seingat saya waktu kecil main di Lampuuk ada kuala kecil antara lampuuk dan babah dua. yang pasti untuk berwisata bersama keluarga sangat asik dan menarik, murah meriah dan yang pasti disini juga ada fasilitas umum, seperti kamar mandi umum, mushalla, tempat bermain anak.
Silahkan menikmati wisatanya. semoga Pemkab Aceh Besar lebih peduli untuk membenahi pantai lampuuk sebagai Tujuan Wisata Pantai.
banana boat

2 komentar:

  1. Saya sudah lama tidak ke Lampuuk. Lebih sering ke Ulee Lhue. Walau tidak mandi, tetapi tampilan Ulee Lhue sudah sangat bagus sekali.

    Sesekali waktu coba dipublish suasana di Ulee Lhue. Apalagi rasa jagung bakar di hamparan pantai.

    Sayang, kebersihan kurang dijaga. Apakah memang tabiat?

    BalasHapus
  2. sya maw pgi kesana tapi tak tahu jalan..
    :(((((
    sedih saya

    BalasHapus

Ukuran 460 x 122 pixel Komunitas Blogger Aceh