31.1.11

Rujak Aceh

Berkunjung ke kota Banda Aceh, menikmati suasana dan jajanan khas.
menu kuliner, jajanan Rujak Aceh

Rujak Aceh merupakan jajanan bagi penikmat buah-buahan + bumbu khas yang pastinya menggugah selera dan menambah citarasa rujak khas Aceh. Rujak Aceh merupakancampuran berbagai macam buah-buahan segar yang dipotong kecil dan diaduk dengan menggunakan bumbu khas Aceh. Ada beberapa variasi dari rujak Aceh dimana
ada yang berbentu buah dengan potongan besar, potongan sedang dan potongan kecil, dari bumbu yang agak kental sampai encer dan dalam bentuk cair, biasanya disajikan untuk pencuci mulut setelah makan.
Cara membuat rujak Aceh sebenarnya sangat mudah, asalkan bahan yang tersedia dan pastilah adanya kemauan, jika malas beli sendiri lebih praktis.
bahan dasar adalah buah-buahan segar biasanya yang dipakai adalah; nenas, pepaya (bisa mengkal atau masak), jambu air (menurut musim), jambu bangkok, mangga (biasanya setengah masak), ubi jalar (putih), timun, bengkoang, dan tambahan buah lain tergantung ketersediaan ataupun selera.
bumbu: gula merah (cair), cabe rawit, gula, garam, salak aceh ( rumbia), buah batok (ini yang membuat aroma khas rujak Aceh) dan kacang tanah ( yang sudah digonseng).
Cara membuatnya: masukkan cabe rawit, gula dan garam giling setengah kasar dan masukkan kacang tanah secukupnya. lalu tambahkan buah batok (penambah rasa segar dan aroma) dan buah rumbia (rasa kelat) dan tuangkan gula merah menurut porsinya (secukupnya tergantung mau kental ataupun cair). lalu aduk potongan buah segar secara merata, dan siap untuk disajikan.
Selamat mencoba.....
salah satu jajanan Rujak Aceh yang sangat terkenal di Kota Banda Aceh
Rujak Garuda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ukuran 460 x 122 pixel Komunitas Blogger Aceh