30.12.10

Sarapan Pagi di Kota Banda Aceh, menu Nasi Gurih

nasi gurih , menu sarapan pagi warga kota Banda Aceh


Menu sarapan pagi yang sangat familiar bagi warga kota Banda Aceh adalah nasi gurih. Nasi yang dimasak dengan menggunakan
campuran santan kelapa serta kaya akan bumbu rempah-rempah seperti jintan, kapulaga dan lainnya. Nasi gurih sangat khas dengan wanginya yang sangat menggoda, aroma khas dari bumbu alami dan rempah-rempah membuat perut keroncongan dan lidah bergoyang.
Menu sarapan nasi gurih juga tersedia untuk makan malam walaupun tidak sebanyak yang dijual di pagi hari.
biasanya para penikmat nasi gurih punya banyak pilihan menu campuran, tersedia dendeng (khas aceh), ikan lado, ikan goreng, telur matasapi, telur dadar, rendang, paru goreng, babat, usus, udang lado, telur bulat dan masih banyak lagi. sebagai tambahan nasi gurih pada pagi hari juga tersedia dengan tambahan menu gulai daging bebek walaupun ini biasanya sangat khas untuk menu makan malam.
pada saat dihidangkan biasanya ditambahkan kacang, sedikit tauco, tempe dan teri, serundeng (gonsengan kelapa) dan yang tidak ketinggalan kerupuk, biasanya kerupuk mulieng (melinjo) bisa juga kerupuk udang ataupun kerupuk merah putih. harga rata-rata nasi gurih dikota banda Aceh tergantung dari rasa serta ketenarannya. secara umum harga nasi gurih jika dalam bentuk menu yang dijual belum satu paket (ada penjualnya langsung) harga berkisar antara Rp 7.000 sampai  Rp12.000 tergantung menu ikannya. jika nasi gurih yang dijual sudah dalam bentuk bungkusan dan dititipkan di kedai/warung kopi biasanya harganya lebih murah yaitu berkisar antara Rp 3,000 - Rp 5,000. dan jika di beberapa lokasi tertentu khususnya perkotaan harga menu nasi gurih adalah Rp 10,000 - Rp16,000 khususnya jika nasi gurih+ ayam kampung goreng atau gulai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ukuran 460 x 122 pixel Komunitas Blogger Aceh