Gulai Aceh ...the best tuna fish kulineer from Aceh

Gulai Aceh....
Gulai Aceh atau gule Aceh atau Tumis, sangat terkenal dikalangan masyarakat Aceh. beberapa menyebutnya makanan khas Aceh khususnya karena gulai ini memakai bumbu yang sangat khas yaitu
asam sunti dimana belimbing sayur / boh limeng yang telah dijemur dan diberikan garam dapur. Asam sunti inilah yang memberikan rasa khas terhadap gulai aceh. juga ditambahkan belimbing sayur segar/boh limeng yang segar pada saat bumbu gulai aceh baru dimasukkan dan inilah yang akan memberikan cita rasa pedas, asam, dan asin. menurut saya Tom Yang masih kalah jauh.
Gulai aceh dapat ditemui di restoran dan rumah makan khas Aceh. biasanya yang sangat diincar adalah kepala dan telur ikan tuna. Gulai aceh memang biasa dimasak menggunakan ikan tongkol ame-ame ataupun ikan tuna/tongkol sisik.sensaasi rasa yang didapatkan akan berbeda dari penggunaan bahan baku ikan tongkol, ataupun jika menggunakan ikan karang, serta setiap daqerah di Aceh telah memodifikasi bumbu sehingga jika kita mencicipi gulai aceh Aceh Besar dan gulai Aceh Aceh Utara akan berbeda sensasi rasanya.
selamat mencoba.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Buah Pria ( Buah Pare )

Wisata Malam, Jembatan Pante Pirak

Chu